Perkembangbiakan Hewan

Sunday, 26 August 2012

PERKEMBANGBIAKAN HEWAN
Hewan berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan hewan ada beberapa macam, yaitu membelah diri, bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan.
1. Cara Hewan Berkembangbiak
a. Membelah diri dan bertunas
Membelah diri dan bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melaui proses perkawinan.Contoh hewan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah protozoa.
Hewan tingakat rendah yang termasuk protozoa antara lain: Amoeba (amuba) dan Paramecium. Kata protozoa berasal dari bahasa Yunani (protos=pertama, zoon=hewan) Artinya, hewan tingkat rendah yang bersel satu. Ukuran protozoa sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop. Protozoa hidup ditempat yang berair (basah).
Cara perkembangbiakan protozoa sangat sederhana. Sel protozoa terdiri dari dinding sel, cairan sel(sitoplasma), dan inti sel (nukleus). Pada saat membelah diri, semua bagian sel ini terbelah dua.
Hewan yang berkembangbiak dengan bertunas, misalnya anemon laut dan Hydra.Cara perkembangbiakan ini juga sederhana. Sebuah tunas kecil tumbuh dibagian tubuh Hydra dewasa. Tunas tersebut tumbuh menjadi hewan baru yang melekat pada induknya dan telah mulai menangkap makanannya sendiri. Selanjutnya, tunas akan lepas dari induknya dan menjadi hewan dewasa yang bebas.
b. Bertelur
Jenis hewan yang berkembangbiak dengan bertelur adalah bangsa burung, ikan, serangga, dan hewan amfibi. Cara berkembangbiak dengan bertelur disebut Ovipar. Ovipar berasal dari kata Ovum, yang berarti telur.
Telur (Ovum) dihasilkan oleh hewan betina. Alat kelamin betina yang menghasilkan ovum disebut ovarium (indung telur).Telur-telur itu lau dibuahi oleh sperma dari hewan jantan. Alat kelamin jantan yang menghasilkan sperma disebut testis.
Ada dua macam cara pembuahan terhadap telur-telur hewan, yaitu pembuahan dalam (internal) dan pembuahan luar (eksternal). Pembuahan dalam terjadi didalam tubuh hewan betina, misalnya pada bangsa burung dan serangga. Pembuahan luar terjadi di luar tubuh betina, misalnya pada ikan mas. Ikan mas jantan membuahi telur saat telur dikeluarkan dari tubuh ikan mas betina.
c. Melahirkan
Cara berkembangbiak dengan cara melahirkan disebut vivipar. Hewan-hewan yang melahirkan anaknya antara lain kucing, anjing, sapi, kijang, dan harimau. Hewan-hewan tersebut hidup didarat. Ada juga hewan air yang berkembangbiak dengan melahirkan, misalnya pesut, lumba-lumba, dan paus.
Hewan yang menyusui anaknya disebut mamalia (mammae=kelenjar susu). Hewan mamalia yang hidup didarat disebut mamalia darat. Hewan mamalia yang hidup air disebut mamalia air. Lumba-lumba, singa laut, pesut, dan paus merupakan mamalia air.
d. Bertelur-melahirkan
Cara berkembangbiak dengan bertelur dan melahirkan disebut ovivipar. Jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara itu adalah bangsa reptil, yaitu beberapa jenis ular dan beberapa jenis kadal.
2. Perbedaan Ciri Hewan Bertelur dan Hewan Melahirkan
2.1 Hewan yang Melahirkan
a. mengalami masa mengandung
b. memilki kelenjar susu
c. ditumbuhi rambut disekitar tubuhnya
2.2 Hewan yang bertelur
a. tidak mengalami masa mengandung
b. umumnya tidak memiliki kelenjar susu
 

Artikel Terbaru

Tags

Email Newsletter

Masukkan alamat email untuk mendapatkan info terbaru kami


Alamat email anda tidak akan kami publikasikan

Sidebar One